RPP untuk SD kali ini adalah RPP Kelas IV mata pelajaran IPA tentang materi Perubahan Wujud Benda. Kegiatan pelajaran ini dilaksanakan pada semester I dengan uraian materi sesuai dengan buku KTSP 2006.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IV / I
Pokok Bahasan :
Perubahan Wujud Benda
Hari / Tanggal :
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
- Standar Kompetensi
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta
berbagai cara penggunaan berdasarkan sifatnya
- Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair menjadi
padat, padat menjadi cair, cair menjadi gas, gas menjadi cair dan padatmenjadi
gas
- Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menggambarkan terjadinya perubahan wujud cair
menjadi padat, padat menjadi cair, cair menjadi gas, gas menjadi cair, dan
padat menjadi gas
- Indikator
-
Melalui pengamatan tentang
perubahan wujud benda, siswa dapat menyebutkan macam-macamperubahan wujud benda
dengan benar
-
Melalui diskusi tentang perubahan
wujud benda, siswa dapat memberikan contoh perubahan wujud dengan benar
- Materi Pembelajaran
“Perubahan Wujud Benda”
Kita telah mengenal benda padat, cair,
dan gas. Benda-benda tersebut mengalami perubahan wujud. Beberapa peristiwa
perubahan wujud benda antara lain, mencair (melebur), membeku, menguap,
mengembun dan menyublim.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (± 5 menit)
-
Mengkondisikan siswa ke situasi
belajar yang efektif dengan cara berdoa, mengabsen dan mennyuruh siswa
mempersiapkan alat-alat tulis
-
Melakukan tanya jawab untuk
mengiringi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
Pertanyaan yang diajukan sebagai berikut :
1.
Apakah nama alat rumah tangga
yang dapat mengubah air menjadi es ?
2.
Mengapa mentega berubah menjadi
cair saat berada di penggorengan ?
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( ± 20 menit )
-
Siswa mengidentifikasi peristiwa
perubahan wujud benda
-
Siswa mengenal peristiwa
perubahan wujud benda
-
Melakukan tanya jawab tentang
contoh-contoh perubahan wujud benda
-
Siswa mengerjakan soal-soal
latihan pada Lembar Kerja Siswa (LKS terlampir)
-
Siwa melaporkan hasil latihannya.
-
Siswa bersama-sama guru membahas
hasil latihan.
3. Kegiatan Akhir (± 10 menit)
-
Menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dipelajari
-
Melaksanakan evaluasi akhir
-
Menindaklanjuti pembelajaran
dengan cara memberikan pesan moral supaya siswa rajin menghapal dirumah
- Media, Sumber dan Metode
- Media : Alat-alat disekitar
- Sumber :
KTPS IPA Kelas IV, untuk SD/MI, tahun 2006, Buku IPA
Kelas IV, halaman 77-78 Karangan Budi Wahyono dkk.
Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Buku Panduan Pembelajaran Gina
siswa kelas IV, halaman 54-55 Karangan Tim Penulis Thursina, Penerbit
CV.Thursina, Bandung
-
Metode :
Connected, ceramah, tanya jawab, demontrasi, diskusi,
pengamata dan latihan
H. Evaluasi
- Prosedur Tes :
Tes Proses, Tes Akhir
- Jenis Tes : pengamatan, uraian
- Bentuk Tes : Tertulis, unjuk kerja
- Alat Tes : Butir soal, LKS
Butir Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat
dan jelas!
1. Apa yang
disebut dengan membeku ?
- Apa yang disebut dengan
mencair ?
- Benda padat berubah menjadi
cair jika ?
- Sebutkan macam-macam
perubahan wujud benda !
- Perubahan wujud benda gas menjadi cair disebut !
LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IV / I
Pokok Bahasan :
Perubahan Wujud Benda
Hari / Tanggal :
Petunjuk :
Jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan pendapat dan
pengetahuanmu, dan teman sekelompokmu !
1.
Mengapa jika kita ingin membuat
mentega cair harus harus memanaskan mentega padat terlebih dahulu ?
2.
Mengapa pakaian yang kita pakai
terbuat dari kain ?
3.
Mengapa pada saat kita menaruh
kamper dikamar mandi harus membuka pelastiknya terlebih dahulu ? Jika
pelastiknya tidak dibuka apa yang terjadi ?
4.
Menurutm, mengapa penjual es
menyimpan esnya didalam sebuah freezer (lemari es) ?
5.
Mengapa jika ibu ingin membekukan
agar-agar suka disimpan didalam lemari es ?
LEMBAR PENGAMATAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester :
IV / I
Pokok Bahasan :
Perubahan Wujud Benda
Hari / Tanggal :
Senin / 24 Maret 2008
Nama
Kelompok
|
Aspek
yang Dinilai
|
Nilai
Akhir
A + B
+ C
3
|
||
Kerjasama
A (50
– 100)
|
Kedisiplinan
B (50
– 100)
|
Keserasian
C(50
– 100)
|
||
semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment