RPP Kelas IV IPA Tentang Perubahan Wujud Benda

RPP untuk SD kali ini adalah RPP Kelas IV mata pelajaran IPA tentang materi Perubahan Wujud Benda. Kegiatan pelajaran ini dilaksanakan pada semester I dengan uraian materi sesuai dengan buku KTSP 2006. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : IV / I
Pokok Bahasan           : Perubahan Wujud Benda
Hari / Tanggal             : 
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit

  1. Standar Kompetensi
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan berdasarkan sifatnya

  1. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair menjadi padat, padat menjadi cair, cair menjadi gas, gas menjadi cair dan padatmenjadi gas

  1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menggambarkan terjadinya perubahan wujud cair menjadi padat, padat menjadi cair, cair menjadi gas, gas menjadi cair, dan padat menjadi gas

  1. Indikator
-       Melalui pengamatan tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menyebutkan macam-macamperubahan wujud benda dengan benar
-       Melalui diskusi tentang perubahan wujud benda, siswa dapat memberikan contoh perubahan wujud dengan benar

  1. Materi Pembelajaran

“Perubahan Wujud Benda”

Kita telah mengenal benda padat, cair, dan gas. Benda-benda tersebut mengalami perubahan wujud. Beberapa peristiwa perubahan wujud benda antara lain, mencair (melebur), membeku, menguap, mengembun dan menyublim.




Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (± 5 menit)
-            Mengkondisikan siswa ke situasi belajar yang efektif dengan cara berdoa, mengabsen dan mennyuruh siswa mempersiapkan alat-alat tulis
-            Melakukan tanya jawab untuk mengiringi pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
Pertanyaan yang diajukan sebagai berikut :
1.    Apakah nama alat rumah tangga yang dapat mengubah air menjadi   es ?
2.    Mengapa mentega berubah menjadi cair saat berada di penggorengan ?
-        Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti ( ± 20 menit )
-          Siswa mengidentifikasi peristiwa perubahan wujud benda
-          Siswa mengenal peristiwa perubahan wujud benda
-          Melakukan tanya jawab tentang contoh-contoh perubahan wujud benda
-          Siswa mengerjakan soal-soal latihan pada Lembar Kerja Siswa (LKS terlampir)
-          Siwa melaporkan hasil latihannya.
-          Siswa bersama-sama guru membahas hasil latihan.
3.      Kegiatan Akhir (± 10 menit)
-          Menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
-          Melaksanakan evaluasi akhir
-          Menindaklanjuti pembelajaran dengan cara memberikan pesan moral supaya siswa rajin menghapal dirumah
  1. Media, Sumber dan Metode
-  Media           : Alat-alat disekitar
-  Sumber         :  KTPS IPA Kelas IV, untuk SD/MI, tahun 2006, Buku IPA
Kelas IV, halaman 77-78 Karangan Budi Wahyono dkk. Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Nasional, Buku Panduan Pembelajaran Gina siswa kelas IV, halaman 54-55 Karangan Tim Penulis Thursina, Penerbit CV.Thursina, Bandung
-    Metode        : Connected, ceramah, tanya jawab, demontrasi, diskusi,  
  pengamata dan latihan
H.  Evaluasi
- Prosedur Tes                  : Tes Proses, Tes Akhir
-  Jenis Tes                        : pengamatan, uraian
-  Bentuk Tes                    : Tertulis, unjuk kerja
-  Alat Tes                        : Butir soal, LKS

Butir Soal
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!
1.   Apa yang disebut dengan membeku ?
  1. Apa yang disebut dengan mencair ?
  2. Benda padat berubah menjadi cair jika ?
  3. Sebutkan macam-macam perubahan wujud benda !
  4. Perubahan wujud benda gas menjadi cair disebut !

LEMBAR KERJA SISWA


Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : IV / I
Pokok Bahasan           : Perubahan Wujud Benda
Hari / Tanggal             : 


Petunjuk :
Jawablah pertanyaan dibawah ini sesuai dengan pendapat dan pengetahuanmu, dan teman sekelompokmu !

1.    Mengapa jika kita ingin membuat mentega cair harus harus memanaskan mentega padat terlebih dahulu ?
2.     Mengapa pakaian yang kita pakai terbuat dari kain ?
3.     Mengapa pada saat kita menaruh kamper dikamar mandi harus membuka pelastiknya terlebih dahulu ? Jika pelastiknya tidak dibuka apa yang terjadi ?
4.     Menurutm, mengapa penjual es menyimpan esnya didalam sebuah freezer (lemari es) ?
5.     Mengapa jika ibu ingin membekukan agar-agar suka disimpan didalam lemari es ?

LEMBAR PENGAMATAN

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : IV / I
Pokok Bahasan           : Perubahan Wujud Benda
Hari / Tanggal             : Senin / 24 Maret 2008

Nama Kelompok
Aspek yang Dinilai
Nilai Akhir
A + B + C
3
Kerjasama
A (50 – 100)
Kedisiplinan
B (50 – 100)
Keserasian
C(50 – 100)































semoga bermanfaat.