RPP Matematika Kelas V: Pengukuran Waktu

RPP Kelas V untuk Sekolah Dasar kali ini mengetentgahkan RPP untuk mata pelajaran Matematika kelas V dengan materi Pengukuran Waktu pada semester I. 


RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester           : V / I
Alokasi Waktu             : 1 x 35 Menit

  1. Standar Kompetensi
Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah.

  1. Kompetensi Dasar
Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam.

  1. Indikator
Menentukkan tanda waktu dengan notasi 12 jam melibatkan keterangan pagi, sore atau malam.

  1. 1.  Tujuan Pembelajaran
-          Siswa dapat menyelesaikan pengerjaan hitung tentang waktu
2.    Tujuan Perbaikan
-          Siswa mampu melakukan pengerjaan hitung tentang waktu.

  1. Materi Pembelajaran
Pengukuran waktu

  1. Metoda Pembelajaran
Inquiri terbimbing.

  1. Langkah-langkah Kegiatan
1.      Kegiatan Awal (± 5 menit)
-            Apersepsi
Mengaitkan topik yang dipelajari dengan pengalaman siswa sehari-hari
-            Menyampaikan dan menuliskan topik pembelajaran.
-            Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-            Memberikan test awal secara lisan.
-            Menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan disampaikan.

2.      Kegiatan Inti (± 20 menit)
-            Dengan memperhatikan media pembelajaran yang ditempel di papan tulis,
-            Guru menjelaskan topik materi pembelajaran tentang pengukuran waktu melalui metode inquiri terbimbing.
-            Beberapa siswa diminta maju ke depan untuk menuliskan waktu yang ditunjukkan oleh jam-jam tersebut.
-            Siswa dibagi ke dalam 5 kelompok untuk mengerjakan soal LKS yang telah disediakan guru.
-            Guru memantau siswa yang sedang bekerja kelompok.
-            Setiap kelompok menyampaikan hasil kerja kelompoknya.
-            Guru memberikan penjelasan terhadap laporan kelompok melalui tanya jawab.

3.      Kegiatan Akhir (± 10 menit)
-            Guru bersama siswa merangkum atau menyimpulkan materi pembelajaran  tentang pengukuran waktu.
-            Guru memberikan test formatif
-            Siswa diminta mempelajari kembali materi yang telah diajarkan guru.

  1. Alat dan Bahan
-          Buku matematika 5 BSE halaman 42-43
-          Jam

  1. Evaluasi
Kerjakan soal di bawah ini !
Nyatakan dalam tanda waktu notasi
 


1.                                                                               Iwan tidur malam pukul 9.30 malam atau ………….

 


2.                                                                               Keluarga Iwan makan malam pada pukul ………. atau pukul ………. Dibaca ……………………………
 


3.                                                                               Koran pagi diantar pada pukul ………… atau  …………….. dibaca ……………………….


4.                                                                               Iwan bermain sepak bola pukul …………………atau pukul ……………….

 


5.                                                                               Iwan pulang sekolah pukul …………………..



Kunci Jawaban
1.    21.30
2.    7.00 atau pukul 19.00 dibaca pukul tujuh malam
3.    06.00 atau pukul enam pagi
4.    4.30 atau pukul 16.30 dibaca setengah lima sore

5.    12.30

LKS ( LEMBAR KERJA SISWA )

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester           : V / I
Alokasi Waktu             :

Mata Pelajaran      : Matematika

Nyatakan dalam tanda waktu notasi 24 jam

NO
Soal
Ditulis
1.
Pukul 9 pagi

2.
Pukul 1 siang

3.
Pukul 4 sore

4.
Pukul 8 malam

5.
Pukul 11.30 malam