RPP Berkarakter Kelas I IPA Bagian-Bagian Tubuh

Kali ini RPP SD yang akan diinformasikan adalah RPP Berkarakter untuk SD Kelas I dengan sub tema Bagian-bagian tubuh mata pelajaran. RPP ini dilengkapi dengan Lembar Evaluasi dengan media gambar bagian-bagian tubuh yang ditempel di depan kelas.

Bagi Bapak/Ibu guru kelas I yang memerlukan RPP Berkarakter Kelas I SD mata pelajaran IPA tentang "Bagian-bagian Tubuh" semoga tulisan ini bermanfaat.



RANCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
IDENTITAS MATA PELAJARAN 

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam 
Kelas / Semester : I/I 

A. STANDAR KOMPETENSI 
Mengenal anggoata tubuh dan keguanaannya 


B. KOMPETENSI DASAR 
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya 


C. INDIKATOR 
- Menunjukkan bagian-bagian tubuh dan keguanaannya 
- Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati. 


D. ALOKASI WAKTU 
1 x 35 Menit (1 x pertemuan) 


E. TUJUAN PEMBELAJARAN 
- Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh yang diamati 
- Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian tubuh yang diamati. 


F. MATERI PEMBELAJARAN 
1. Bagian-bagian tubuh 
2. Bagian-bagian tubuh
- Mata berguna untuk melihat 
- Hidung berguna untuk mencium 
- Tangan berguna untuk memegang 
- Telinga berguna untuk mendengar 
- Kaki berguna untuk berjalan 

G. METODE PEMBELAJARAN 
- Ceramah 
- Tanya jawab 
- Diskusi 


H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN 
1. Kegiatan Awal 
- Guru mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran. 
- Guru menyampaikan apersepsi dan memotivasi pembelajaran 

2. Kegiatan Inti 
a. Eksplorasi 
- Siswa mengamati gambar yang ditempel di papan tulis 
- Guru menjelaskan tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaan bagian-bagian tubuh. 
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok mengerjakan lember kerja yang dibagikan guru. 

b. Elaborasi 
- Guru beserta peserta didik mendiskusikan hasil peserta setiap kelompok kekmudian membuat kesimpulan. 
- Guru memberikan klaripikasi setelah peserta didik berdiskusi 
c. Konpermasi 
- Guru mengevaluasi pembelajaran dan menjelaskan kembali materi pelajaran 

3. Kegiatan Penutup 
- Guru membimbing peserta didik untuk membuat repleksi materi pembelajaran 
- Guru memberikan evaluasi 

SUMBER BELAJAR 

- Buku IPA I Karangan S. Rusitawaty hal. 5 

- Gambar bagian-bagian tubuh 

- Gambar kegunaan bagian-bagian tubuh. 


I. PENILAIAN 
1. Jenis Instrumen : Tes tertulis 
2. Bentuk Instrumen : Isian 
3. Contoh Instrumen : 

Isilah soal di bawah ini dengan jawaban yang singkat! 
1) Mata terdapat di bagian .... 
2) Untuk mengetahui bau makanan kita mengguanakan .... 
3) Yadi memegang buku mengguanakan .... 
4) Bagian tubuh yang digunakan untuk melihat .... 
5) Telinga berguna untuk .... 

Kunci jawaban 
1) Kepala 
2) Hidung 
3) Telinga 
4) Mata 
5) Mendengar 



Kriteria Penilaian 

Skor ideal : Jumlah jawaban yang benar x 2 = nilai akhir


Mengetahui
Kepala Sekolah




...................................
NIP. .............................

Malangbong, ................... 20..
Guru Kelas I




..........................................
NIP. ............................................


Nama
.............................
Kelas
.............................


LEMBAR EVALUASI


Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : I/I


Isilah soal di bawah ini dengan jawaban yang singkat!
1)      Mata terdapat di bagian ....
2)      Untuk mengetahui bau makanan kita mengguanakan  ....
3)      Yadi memegang buku mengguanakan  ....
4)      Bagian tubuh yang digunakan untuk melihat  ....
5)      Telinga berguna untuk  ....