Kali ini RPP SD yang akan diinformasikan adalah RPP Berkarakter untuk SD Kelas I dengan sub tema Bagian-bagian tubuh mata pelajaran. RPP ini dilengkapi dengan Lembar Evaluasi dengan media gambar bagian-bagian tubuh yang ditempel di depan kelas.
Bagi Bapak/Ibu guru kelas I yang memerlukan RPP Berkarakter Kelas I SD mata pelajaran IPA tentang "Bagian-bagian Tubuh" semoga tulisan ini bermanfaat.
RANCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : I/I
A. STANDAR KOMPETENSI
Mengenal anggoata tubuh dan keguanaannya
B. KOMPETENSI DASAR
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya
C. INDIKATOR
- Menunjukkan bagian-bagian tubuh dan keguanaannya
- Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
D. ALOKASI WAKTU
1 x 35 Menit (1 x pertemuan)
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh yang diamati
- Siswa dapat menjelaskan bagian-bagian tubuh yang diamati.
F. MATERI PEMBELAJARAN
1. Bagian-bagian tubuh
2. Bagian-bagian tubuh
- Mata berguna untuk melihat
- Hidung berguna untuk mencium
- Tangan berguna untuk memegang
- Telinga berguna untuk mendengar
- Kaki berguna untuk berjalan
G. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
H. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal
- Guru mengkondisikan siswa untuk siap menerima pelajaran.
- Guru menyampaikan apersepsi dan memotivasi pembelajaran
2. Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
- Siswa mengamati gambar yang ditempel di papan tulis
- Guru menjelaskan tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaan bagian-bagian tubuh.
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok mengerjakan lember kerja yang dibagikan guru.
b. Elaborasi
- Guru beserta peserta didik mendiskusikan hasil peserta setiap kelompok kekmudian membuat kesimpulan.
- Guru memberikan klaripikasi setelah peserta didik berdiskusi
c. Konpermasi
- Guru mengevaluasi pembelajaran dan menjelaskan kembali materi pelajaran
3. Kegiatan Penutup
- Guru membimbing peserta didik untuk membuat repleksi materi pembelajaran
- Guru memberikan evaluasi
SUMBER BELAJAR
- Buku IPA I Karangan S. Rusitawaty hal. 5
- Gambar bagian-bagian tubuh
- Gambar kegunaan bagian-bagian tubuh.
I. PENILAIAN
1. Jenis Instrumen : Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : Isian
3. Contoh Instrumen :
Isilah soal di bawah ini dengan jawaban yang singkat!
1) Mata terdapat di bagian ....
2) Untuk mengetahui bau makanan kita mengguanakan ....
3) Yadi memegang buku mengguanakan ....
4) Bagian tubuh yang digunakan untuk melihat ....
5) Telinga berguna untuk ....
Kunci jawaban
1) Kepala
2) Hidung
3) Telinga
4) Mata
5) Mendengar
Kriteria Penilaian
Skor ideal : Jumlah jawaban yang benar x 2 = nilai akhir
Mengetahui
Kepala Sekolah
...................................
NIP. .............................
|
|
Malangbong, ................... 20..
Guru Kelas I
..........................................
NIP. ............................................
|
Nama
|
.............................
|
Kelas
|
.............................
|
LEMBAR EVALUASI
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : I/I
Isilah soal di
bawah ini dengan jawaban yang singkat!
1) Mata terdapat di bagian ....
2) Untuk mengetahui bau makanan kita
mengguanakan ....
3) Yadi memegang buku mengguanakan ....
4) Bagian tubuh yang digunakan untuk melihat ....
5) Telinga berguna untuk ....
How much is it for a casino to win and how much is it
ReplyDeleteHow much is it for a casino to win and how 오산 출장마사지 much is it 태백 출장샵 for a casino to win and how much is 목포 출장샵 it for a casino to win 안양 출장샵 and how many 용인 출장샵